Partai Nasrep dan Nasdem Cuma Penggembira

Jakarta – Partai Nasional Demokrat (Nasdem) dan Partai Nasional Republik (Nasrep) akan sulit bersaing dengan partai politik (parpol) besar yang sudah terlebih dahulu eksis dalam peta perpolitikan Indonesia.

“Bahkan Nasdem dan Nasrep hanya akan menjadi pengganggu parpol-parpol kecil saja,” kata pengamat politik dari Universitas Sumatera Utara (USU), Ahmad Taufan Damanik, Minggu (8/5/2011).

Parpol besar seperti Partai Demokrat, Partai Golkar dan PDI Perjuangan, menurut Taufan Damanik, hampir dipastikan tidak akan terancam dengan kehadiran Partai Nasdem dan Nasrep.

“Kalau pun ada parpol besar yang akan tergembosi mungkin hanya parpol-parpol kecil,” katanya.Ketika ditanyakan perihal perubahan Nasdem dari sekadar sebagai organisasi kemasyarakatan (ormas) menjadi parpol, Taufan Damanik justru mengaku sudah memperkirakan sejak awal.

Menurut dia, sejak awal sudah terlihat tanda-tanda Nasdem pada akhirnya akan berubah bentuk menjadi parpol karena diisi tokoh lintas parpol yang cenderung bermasalah dengan parpol asalnya.

“Semua itu tentu terpulang kepada para tokoh parpol itu sendiri, dimana mereka merasa lebih berpeluang untuk mencapai atau memenuhi kepentingan politik mereka. Kalau mereka merasa lebih berpeluang di Nasdem tentu akan bertahan, tapi kalau tidak pasti akan menarik diri. Ini hanya fenomena pragmatisme politik,” katanya. ( inilah.com)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: